Senin, 29 Oktober 2012

OBAT BINTITAN/TIMBILAN

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT,
yang telah  memberikan nikmat yang tiada tara yaitu sehat walafiat khususnya kepada saya dan umumnya bagi kita semua. khusunya bagi saya sehingga bisa menulis atau sharing pengalaman pribadi aku kepada temen-temen yang semoga saja bermanfat.

Oke langsung saja ke TKP hehe,
Mumpung lagi ada waktu kosong aku mencoba menulis pengalaman pribadi aku yaitu tentang bintitan. apa sih sebenernya bintitan itu? mungkin ada yang pernah mengalaminya, apalagi kalau di disini sering dikaitkan dengan sikap negatif padahal tidak melakukan hal tersebut juga berkemungkinan kena penyakit ini.

Sebenernya apa sih bintitan itu??
Sekarang kita lihat dari ilmu kedokteran saja bintitan  atau timbelan menurut ilmu kedokteran  sering di sebut 'Hordeolum' yaitu infeksi akut pada kelenjar minyak didalam kelopak mata yg disebabkan oleh bakteri dari kulit(biasanya disebabkan bakteri stafilokokus), seperti itu penjelasan singkatnya.
oleh karena itu mari jaga kebersihan mata kita, agar terhindar dari bintitan ini.

Terus gimana ngobatinya dong?
Nah Obatnya.. dulu aku pernah mendapat anjuran  dari temen aku  sewaktu kena penyakit ini.. Disuruh pakai salep "cap ikan paus". Pertama denger emang agak aneh dlm hatiku sempet kepikiran *(emang ada apa.. obat yg merknya cap ikan paus..)*.  agak aneh sih memang nama obat ini bagi yang belum pernah denger seperti saya waktu itu. hehehe.

Saat itu aku langsung mencobanya, Alhamdulillah  setelah di olesin ( mata di meremin lalu di olesin tipis-tipis obat ini, di bagian luar) selama 2 hari alhamdulillah sembuh. Obat ini nama aslinya yaitu "OCULENTUM WHALE BRAND" dan ada gambar ikan paus di ujung tutup kemasanya. Dan warna kemasanya orange. Ohya obat ini tidak di jual di apotik biasanya ditoko obat tradisional cina..maaf tidak bisa posting fotonya karena kayaknya bungkus obatnya sudah aku buang.

Judul artikel ini pernah aku posting di blog aku yang satu lagi dua tahun yang lalu , blog lama aku (  http://rohiem-galeri.blogspot.com/2010/02/obat-bintitantimbilan.html  ) cuma sekarang aku import dengan sedikit perubahan dan penambahan kalimat.  Cukup sekian dulu, semoga bermanfaat.
Wassalam....

Refrensi: pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber.

Sabtu, 20 Oktober 2012

HIKAYAT PEMUDA YANG BERSUJUD DI DALAM LAUTAN.




Di ceritakan bahwa nabi Sulaiman as telah mengadakan perjalanan antara langit dan bumi sehingga sampai pada suatu lautan yang dalam. Di lihatnyalah gelombang yang mengerikan, lalu dia menyuruh angin supaya berhenti. Setelah anginya tenang ia memerintahkan ifrit untuk menyelam kedalam lautan itu, ifrit menyelam hingga sampai  dasarnya. Dilihatnya sebuah kubah dari mutiara putih yang tidak berlubang. Maka di bawanya kubah  itu keluar dari air laut dan di letakkan di depan nabi sulaiman as, Nabi Sulaiman merasa kagum dengan kubah itu dan berdoalah dia. Maka seketika pintu kubah itu terbuka dan ternyata di dalamnya ada seorang pemuda yang bersujud.

Bertanyalah nabi sulaiman as : “ siapakah engkau ini ? apakah dari golongan malaikat, jin ataukah manusia?”.

Pemuda itupun menjawab “ aku dari manusia juga”. 

Nabi sulaiman bertnya lagi “ sebab apa engkau dapat  memperoleh  kemulian seperti ini? Dia menjawab: “ dengan berbakti kepada orang tua, ketika ibuku sudah berusia lanjut aku selalu menggendongnya dia atas punggungku. Dia (ibuku) berdoa untukku “ Ya Allah berilah dia sifat suka menerima apa adanya (qona’ah) dan jadikan tempatnya setelah kematianku di suatu tempat tidak di bumi dan tidak pula di langit.”
Setelah ibuku wafat aku mengelilingi pantai, aku melihat kubah dari mutiara lalu aku mendekatinya dan terbukalah pintunya untukku, lalu aku masuk kedalamnya tapi tertutuplah pintu itu rapat kembali dengan ijin Allah SWT, lalu aku tak tau lagi apakah aku di udara atau berada di bumi, dan Allah selalu memberiku rejeki di didalam kubah itu.

Nabi sulaiman as bertanya: “bagaimana Allah memberimu rejeki di dalamnya?” 

Dia berkata : “ketika aku lapar Allah swt menciptakan sebuah pohon di dalamnya dan pada pohon itu terdapat buah-buahan. Dari buah itulah Allah  memberiku rejeki, apabila aku haus memancarlah dari kubah itu air yang lebih putih daripada susu. Lebih manis daripada madu lebih sejuk daripada es,” .

Nabi Sulaiman as  bertanya bagaimana engkau bisa mengetahui malam atau siang di dalam kubah itu?

Dia menjwab : “ jika fajar memancar kubah itu berwarna putih maka aku mengerti kalau saat itu siang, dan ketika matahari terbenam kubah menjadi gelap maka aku mengerti kalau itu malam hari”,  kemudian berdoalah nabi sulaiman as kepada Allah  dan tertutuplah kembali kubah itu sedang pemuda itu berada di dalamya seperti semula.

( Majma’ul Lathaif).
 Semoga bermanfaat..
Sumber : kitab Durrotun Nasihin.

Sabtu, 13 Oktober 2012

Tidak ada sebutan "mantan guru" buat guru.



“Selamat siang Pak/Bu!”, inilah sapaan yang sering terdengar saat murid bertemu seorang gurunya di jalan, zaman ketika saya masih sekolah SD.  Tanpa di sadari ini adalah sebuah bentuk pembelajaran dini untuk menghormati guru kita. Guru adalah suatu profesi yang mulia, karena tanpa dia kita mungkin tak akan seperti ini, guru adalah salah satu orang yang turut  berjasa dalam mencerdaskan bangsa, kelak dari jasa gurulah akan lahir orang dalam berbagai profesi seperti usahawan, busnisman, menteri, bahkan pemimpin bangsa dll. Menurut saya yang di sebut guru bukan hanya beliau yang mengajar di sekolah formal saja, seseorang yang mengajarkan ilmu entah itu ilmu pengetahuan umum atau pun agama yang biasa di sebut ustadz /kyai /ulama’ beliau-beliau lah guru yang juga turut dalam mencetak kepribadian dalam diri kita agar mempunyai ahlak yang baik.

Tak ada sebutan mantan buat guru.
Guru adalah guru, walupun beliau ada yang sudah tidak mengajar kita saat ini, beliau tetap guru kita, ilmu yang telah di ajarkan kepada kita tetap melekat pada hati kita. Mmmmh ada  sebutan mantan gubernur, ada juga mantan camat, ada juga mantan lurah, tapi tidak pada guru.  Bagi saya sebutan mantan itu tidak berlaku pada guru yang telah menularkan ilmu nya kepada kita.

Guru, di gugu lan di tiru ( bahasa jawa). Iyaa itulah idiom jawa yang sering terdengar oleh saya, yang mempunyai arti agar kita mendengarkan dan meneladani ahlak baik beliau guru-guru kita.  Bahkan karena jasa – jasa guru yang begitu besar bapak Sartono pada tahun 1980-an ( beliau guru honorer yang mengajar musik di SMP Purna Karya Bhakti Madiun pada 1978 dan pensiun pada 2002 lalu.), menciptakan sebuah lagu yang judulnya hymne guru. Tak salah jika seorang guru disebut juga pahlawan tanpa tanda jasa. Tapi saya sempat membaca di beberapa artikel di internet, kalimat pada lagu hymne guru “ pahlawan tanpa tanda jasa” di ganti dengan “ Engkau patriot pahlawan bangsa, pembangun insan cendekia” pergantian di akhir lirik lagu hymne guru tersebut di lakukan pada tahun 2007 di saksikan oleh Dirjen PMPTK Depdiknas dan ketua pengurus besar  PGRI  dan juga di perkuat dengan surat edaran persatuan guru Republik Indonesia No: 447/Um/PB/XIX/2007 tanggal 27 November 2007.

Di mana setiap tanggal 25 November di Negara kita ini di peringati sebagai Hari Guru Nasional Indonesia yang dirayakan dalam bentuk upacara di sekolah-sekolah.  Hari guru nasional Indonesia ini di peringati bersama hari ulang tahun PGRI ( Persatuan Guru Republik Indonesia).

Terimakasih untuk semua guru-guru kami, baik guru di sekolah formal maupun informal yang telah dengan sabar mengajar kami dengan ilmu-ilmunya. Teguran dan  nasehat-nasehat  yang telah engkau berikan kepada kami untuk mendidik kami menjadi manusia yang berpendidikan karakter dan berilmu,  tak akan pernah luntur dalam sanubari kami,  semoga ilmu yang telah kau ajarkan kepada kami menjadi ilmu yang bermanfaat. 

Ya allah, dengan karunia-Mu lingkarilah semua guru-guru kami dengan belas kasih-Mu., limpahkanlah rahmat kepada guru-guru kami, Aamiin yaa robbal alaamiin.

Sabtu, 06 Oktober 2012

Blogger Tertua

Sebening Embun_Usia boleh tua tapi semangat tak kalah dengan yang muda, inilah yang sedikit aku simpulkan jika melihat seorang nenek bernama Olive riley, dengan usia 108 tahun, dianggap sebagai blogger tertua di dunia. karena usia beliau lebih tua 12 tahun dari Maria Amelia yang berasal dari Spanyol yang sebelumnya pernah di sebut sebagai blogger tertua.

Olive riley lahir pada tahun 1899 dan meninggal dunia di new Shouth wales pada usia 108 tahun, tepatnya pada tanggal 12 juli 2008 yang lalu. salah satu blognya ada di http://worldsoldestblogger.blogspot.com dan masih bisa di akses sampai sekarang.

Sungguh luar biasa ternyata umur tak menjadi hambatan bagi Olive Riley untuk tetap eksis dalam menulis di blog saat itu. Dia mampu berkarya walaupun usia beliau sudah senja. kadang saya  malu kalau melihat semangat beliau padahal kita masih muda tapi kalah sama nenek ini hehe.
semoga kita bisa meniru semangat beliau dalam menjaga ke eksisan kita dalam berkarya di blog yang insyaallah postinganya  bisa bermanfaat bagi orang lain.

Minggu, 30 September 2012

GUNUNG GEDE PANGRANGO


Kenangan itu masih terlihat jelas seakan baru kemarin grop kami menjalani pendakian di gunung gede pangrango. Tepatnya pada tanggal 10 oktober 2010 tapi biarpun sudah 2 tahun yang lalu semua memory itu masih melekat jelas dalam benak ku karena keindahan panorama gunung tersebut yang memang susah untuk dilupakan apalagi di saat itu kita mendaki dengan teman-teman group touring kami. Mmmm sungguh indah sekali.

Yuk kita tengok sebentar tentang Gunung gede pangarango, Gunung gede pangrango merupakan sebuah gunung yang berada di pulau Jawa,Indonesia. Gunung gede pangrango berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Pangrango, yang merupakan salah satu dari taman nasional yang pertama kali di umumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi, dengan ketinggian 1000-3000 m.dpl.. Gerbang menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. 

Hawa dingin menyambut kedatangan kami saat itu  karena suhu rata-rata di puncak gunung gede ini 18 °C dan kalau malam hari sangat dingin suhu puncak berkisar 5 ºC, dan kami pun tiba di rumah teman kami, Karena beberapa dari kru kami  mempunyai teman yang tinggal di daerah puncak sini sehingga kami tidak usah repot-repot mencari villa untuk menginap saat itu. Rasa capek saat dalam perjalanan hilang begitu saja saat kami tiba di wilayah sini Karena di sambut keindahan malam puncak dan hawa dingin yang menusuk tulang.

Setelah selesai istirahat sejenak mengumpulkan sedikit tenaga, kami pun mulai pendakian paginya dengan di pandu teman Karena dia yang telah tau medan pendakian yang akan kita lewati, sejuk dibalik sinar matahari itulah yang kami rasakan saat memulai pendakian saat itu. Sekitar 1,5 km dari pintu masuk Cibodas saat kami mendaki, kami di suguhi keindahan alam lagi yaitu Telaga biru, danau kecil berukuran sekitar 5 hektar (1575 meter dpl) ini selalu tampak biru di terpa sinar matahari, karena di tutupi oleh ganggang biru menambah keelokan danau ini.

Tak berapa lama lagi saat pendakian kami lanjutkan sekitar 2,8 km dari Cibodas di gunung gede pangrango ini terdapat Air terjun Cibeureum, air terjun ini menpunyai ketinggian kira-kira 50 meter dan di sekitar air terjun ini kita bisa menemukan sejenis lumut merah yang endemik .

Kami pun menyempatkan diri untuk mandi di air terjun ini,  mmmmh sungguh dingin banget airnya sampai menusuk tulang. Rasanya gak afdhol kalau jauh-jauh kami kesini tidak merasakan nikmatnya mandi di air terjun Cibeureum ini. Hehehe.

Sampai di air terjun ini kru kami sudah agak kecapean ahirnya beberapa memutuskan untuk turun padahal masih banyak tempat yang seharusnya kami bisa nikmati yaitu

  • Air panas, terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Kandang batu dan kandang badak, yaitu untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa yang berada sekitar pada ketinggian 2220 m.dpl dengan jarak 7,8 km atau setara dengan 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Puncak dan kawah Gunung gede, panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur, sukabumi, Bogor terlihat dengan jelas, di puncak ini terdapat 3 kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah lanang, kawah ratu dan wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalan dari Cibodas.
  • Alun-alun Suryakencana, dataran seluas 50 hektar yang di tutupi hamparan bunga edelweiss. Yang konon sangat indah, Alun-alun Suryakencana ini berada pada ketinggian 2.750 m .dpl atau dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.
konon,  katanya Kadangkala pendaki yang berada di kawasan alun-alun Surya Kencana akan mendengar suara kaki kuda yang berlarian, tapi kuda tersebut tidak terlihat wujudnya. Konon, kejadian ini pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dengan dikawal oleh para prajurit. Selain itu para pendaki kadang kala akan melihat suatu bangunan istana.
 

Alun-alun Surya Kencana berupa sebuah lapangan datar dan luas pada ketinggian 2.750m dpl, di sebelah timur puncak Gede, merupakan padang rumput dan padang edelweiss. Surya Kencana adalah nama seorang putra Pangeran Aria Wiratanudatar (pendiri kota Cianjur) yang beristrikan seorang putri jin. Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra : Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi.
 

Kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana. Beliau bersama rakyat jin, menjadikan alun – alun sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar.
Petilasan singgasana Pangeran Surya Kencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini, petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun, dan disebut Batu Dongdang yang dijaga oleh Embah Layang Gading. Sumber air yang berada di tengah alun-alun, dahulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi.
Di dalam hutan yang mengitari Alun-alun Surya Kencana ini ada sebuah situs kuburan kuno tempat bersemayam Prabu Siliwangi. Pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi yang menguasai Jawa Barat, terjadi peperangan melawan Majapahit. Selain itu Prabu Siliwangi juga harus berperang melawan Kerajaan Kesultanan Banten. Setelah menderita kekalahan yang sangat hebat Prabu Siliwangi melarikan diri bersama para pengikutnya ke Gunung Gede.
Sekitar gunung Gede banyak terdapat petilasan peninggalan bersejarah yang dianggap sakral oleh sebagian peziarah, seperti petilasan Pangeran Suryakencana, putri jin dan Prabu Siliwangi. Kawag Gunung Gede yang terdiri dari, Kawah Ratu, Kawah Lanang, dan Kawah Wadon, dijaga oleh Embah Kalijaga. Embah Serah adalah penjaga Lawang Seketeng (pintu jaga) yang terdiri atas dua buah batu besar. Pintu jaga tersebut berada di Batu Kukus, sebelum lokasi air terjun panas yang menuju kearah puncak.
Eyang Jayakusumah adalah penjaga Gunung Sela yang berada disebelah utara puncak Gunung Gede. Sedangkan Eyang Jayarahmatan dan Embah Kadok menjaga dua buah batu dihalaman parkir kendaraan wisatawan kawasan cibodas. Batu tersebut pernah dihancurkan, namun bor mesin tidak mampu menghancurkannya. Dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, terdapat petilasan/ makam Eyang Haji Mintarasa.
Pangeran Suryakencana menyimpan hartanya dalam sebuah gua lawa/walet yang berada di sekitar air terjun Cibeureum. Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul. Tepat berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini terdapat sebuah batu besar yang konon adalah perwujudan seorang pertapa sakti yang karena bertapa sangat lama dan tekun sehingga berubah menjadi batu. Pada hari kiamat nanti barulah ia akan kembali berubah menjadi manusia.

wallohuaalam...


Semoga suatu saat nanti kami bisa mendaki kesana lagi, dan sampai ke puncaknya yaitu alun-alun surya kencana. wassalam
indahnya berbagi ilmu..


Sumber :
pengalaman pribadi
www.id.wikipedia.org
http://www.strov.co.cc/2010/02/misteri-gunung-gede-pangrango.html

Kamis, 27 September 2012

Rahasia yang tersimpan di balik nama-nama bagian cangkul


Assalamualaikum..
Yuk kita belajar memahami rahasia yang tersimpan di balik nama-nama bagian cangkul, alat pertanian  yang satu ini aku yakin semua pasti sudah pada pernah melihatnya atau mengenalnya. 
Cangkul terdiri dari 3 bagian :
  1. pacul
  2. bawak
  3. doran
Dari bagian – bagian itu ternyata mempunyai arti yang sangat penuh dengan nasehat, ini saya dapatkan saat mendengarkan  sebuah tausyiah atau maidho khasanah seorang kyai saat pengajian umum di suatu daerah beberapa tahun yang lalu kalau tidak salah tahun 2005 , di daerah Jawa Tengah. Waktu itu saya hanya menulis  ringkasan di note kecil dan saat ini saya tulis di blog pribadi saya yaitu “Sebening embun”  sebagai nasehat diri pribadi saya.  Yang insyallah akan bermanfaat khususnya buat diri saya pribadi dan umumnya buat temen-temen semua yang membaca, Aamiin…
OK, langsung saja kita renungkan satu persatu arti dari bagian cangkul.
  1. Pacul artinya   ngipatake perkoro kang muncul (bahasa jawa) atau menghilangkan sesuatau yang muncul/nongol.  Dalam artian menghilangkan/menjauhi  sesuatu yang tidak benar  dalam kehidupan kita sehari-hari.
  1. Bawak artinya obahing awak (bahasa jawa)  atau bergeraknya anggota badan. Maksudnya dalam mencapai cita-cita manusia harus rajin dan melaksanakn dengan segala ikhtiar , tidak hanya menanti takdir saja .
  1. Doran artinya ndedongo marang pangeran (bahasa jawa) atau memohon/berdoa kepada Allah swt.
Setelah kita berusaha atau berikhtiar dengan maksimal maka jangan lupa berdoa kepada Allah agar Allah mengijabah doa kita. Sehingga apa yang kita inginkan, apa yng kita cita-citakan di kabulkan oleh Allah swt. Amiin yaa roobal alaamiin…

Indahnya saling berbagi ilmu,,,

Senin, 24 September 2012

Asslamualaikum,,Pgi" dapet messege isinya sihh bagus, brupa nasehat renungan,, tapi di akhir tulisan sungguh prihatin, di mana di messege itu trtulis sumpah yg ironis nya memakai nama agama dlm sumpah itu, jika smpah itu bagus atau demi kebaikan no problem, tapi isi sumpah ni sngat jauh dari ajaran agama itu sendri dimana jika tdk di broadcast lagi dan brhenti di si penerima maka dlm bbrapa hari kdepan akan ada msibah dan segala macem bla, bla,, bla,... Masyaallah.. Mgkin anda pernah menerima messege sperti ni entah lewat sms, bbm, atau yg lainya, bukan kah menyebarkan hal yg bisa mmbuat orang mrasa kawatir/tidak tenang itu tdk baik, entah yg menulis messege itu dlu sadar atau tidak klo tndakanya bs mmbuat ketidak tenangan orang lain, Yg lbih aneh lagi pernah aku di kasih liat tmen dia mndapat sms/messege yg tulisanya sperti mantra,, bgtu kita baca di ujungnya tertulis scra tdk sngaja anda sudah mmbaca mantra untk memanggil roh halus, maka jika tidak di sebarkan maka akan sesuatu yg aneh akan terjadi pd si pnrima sms pd malam harinya,, subhanallah ada lagi yg penyebar messege aneh bgini, mmmh smg orang" yg menulis messege" sperti itu sgra di sadarkan hatinya..Entah apa motif di balik penyebaran messege ini, pdahal isinya sbuah nasehat , klo untuk saling mengingatkan knpa Gªk di isi doa di akhir kalimat agar kita di beri kmampuan atau keistiqomahan dalam mnjalankan perintah" agama, bukankah ini akan lbih indah saling mengingatkan dan mendoakan dalam kbaikan.So, buat kita jangan mudah percaya sama sumpah" bgituan, agar tdk ikut mnyebarkanya, Bismillahirrohmaanirrohiim... smg kita slalu ada dalm lindungan الله , di jauhkan dr bala' Nya, Aamiin yaa robbal alamiin,,